Dakwah RDN di Pedalaman Mesuji, Ogan Komering Ilir , Sumatra Selatan

Keberangkatan tim Dakwah RDNPeduli ke wilayah pedalaman mesuji tepatnya di daerah Ogan Komiring Ilir Sumatera selatan di manaWilayah tersebut berada di pinggiran sungai mesuji yang berbatasan langsung dengan Lampung Selatan. Secara Administratif Desa tersebut masuk ke wilayah Sumatera Selatan, tetapi untuk aktivitas keseharian masyarakat beraktivitas sehari hari di wilayah Mesuji/ Lampung Selatan.

Untuk memasuk wilayah tersebut perjalanan harus menempuh jalur darat . Dari Pelabuhan merak Banten, tim RDNPeduli langsung menuju Kab. Mesuji, berlanjut ke Dermaga Wiralaga dimana perjalanan harus ditempuh waktu kurang lebih 10 jam sampai di dermaga dan berlanjut dengan menaiki perahu klotok (melewati sungai Mesuji), selama 2.5 jam baru sampai di perkampungan sungai ceper Ogan komering ilir.

Wilayah Memasuki Pedalaman Mesuji

kondisi masyarakat Sungai Ceper sampai saat ini hidup dengan serba keterbatasan, jauh dari kata layak. Akses jalan masih tanah yang sulit, instalasi listrik belum masuk, sampai signal Telephone juga susah untuk mendapatkan, di tambah lagi masalah ekonomi yang sangat sulit karena jauhnya aktivitas jual beli, perdagangan dll sehingga membuat Desa tersebut jauh dari kata layak dan sangat terbelakang

Alhamdulillah Tim RDNPeduli akhirnya sampai ke desa Sungai Ceper, kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komiring Ilir Sumatra Selatan. Disana Tim Di sambut oleh Ustadz Faruq Abdullah salah satu Da’i yang menetap dan berdakwah di sana.

Masya Allah beliau adalah Seorang dai yang ikhlas dengan penuh semangat dan istiqomah dalam berdakwah, membina ummat maupun masyarakat yg awam dan Masyarakat yg sama sekali belum mengenal islam, dengan niat yg sangat mulia di Desa tersebut yaitu ” sebuah Program memberantas buta huruf Al quran “.

Perjalanan ke pedalaman Mesuji Bersama Ustadz Farouq

Namun dengan keterbatasan sarana dan prasarana yg mereka hadapi dalam berdakwah tidak menyurutkan semangat Dakwah beliau di Pedalaman. Alhamdulillah atas bantuan, dukungan dan supportnya dari kaum Muslimin, Donatur RDN, para pengurus DKM dll dalam rangka mensupport Dakwahnya Ust Faruq Abdullah dkk di Ogan komering ilir. RDNPeduli menyerahkan bantuan program dakwah Disana salah satunya berbagi dengan Da’i

Selain memberikan bantuan Berbagi dengan Da’i untuk dai di Mesuji, Tim RDNPeduli juga memberikan dan menyerahkan beberapa wakaf Al Qur’an dan Buku Iqro untuk masyarakat beserta TPA-TPA maupun TPQ dI sana.

Penyerahan wakaf motor dakwah untuk Ustadz Farouq

Sedangkan untuk para da’i yang terkendala dengan operasional dalam berdakwah, Tim RDNPeduli juga menyerahkan 1 wakaf motor untuk operasional Dakwah yang langsung di terima oleh Ustadz Faruq sebagai perwakilan para da’i di sana.

Semoga beberapa bantuan tersebut sedikitnya bisa membantu perkembangan dakwah perdalaman Mesuji, Sehingga dakwah di sana bisa semakin berkembang dan masyarakatnya semakin terikat dengan Islam.

Tinggalkan Balasan