Wakaf Sumur Bor Masjid Nurul Hidayah Sumbar

WARGA MASJID NURUL HIDAYAH NAGARI BALIMBING BUTUH SARANA AIR BERSIH, MARI BANTU MEWUJUDKANNYA

Kenapa Wakaf Sumur Bor Masjid Nurul Hidayah Sumbar?. Karena Air bersih adalah satu kebutuhan mendasar yang sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, akses untuk mendapatkan air bersih dengan mudah haruslah dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat dimanapun mereka berada. Selain untuk keperluan minum dan MCK sehari-hari, kaum muslimin juga memerlukannya untuk bersuci ketika akan menjalankan ibadah seperti shalat lima waktu. Namun saat ini masih banyak warga wilayah khususnya di pedesaan yang masih kesulitan untuk mendapatkan air bersih tersebut. Sebagai contoh di masjid Nurul Hidayah Mandahsari,Sumatera Barat.

 

Masjid Nurl Hidayah Mandahsari, Sumatera Barat.

Masjid Nurul Hidayah Mandahsari terletak di Jorong (Dusun) Balimbing, Nagari Balimbing, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Selain untuk ibadah seperti shalat, masjid ini juga aktif digunakan sebagai tempat mengaji bagi masyarakat setempat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun begitu, mereka sering kesulitan dalam mengakses air bersih di wilayahnya baik untuk keperluan ibadah maupun air minum dan keperluan MCK sehari-hari. Ini dikarenakan tidak adanya sarana sumber air bersih yang mampu mencukupi kebutuhan mereka.

Air Penampungan untuk keperluan masjid dan masyarakat sekitar

Beberapa kondisi yang dirasakan akibat sulitnya air bersih di lokasi masjid Nurul Hidayah Mandahsari dan sekitarnya yaitu :

1. Untuk mendapatkan air, saat ini Masjid Nurul Hidayah sangat tergantung pada jatah pembagian air bersih yang diberikan oleh Pamsimas seminggu sekali setiap hari jum’at, dan itu belum mencukupi kebutuhan.
2. Selain menunggu air jatah, untuk keperluan sehari-hari, warga setempat harus mengambil air di sebuah sumur (luhak) kecil yang berada jauh di kaki bukit dan sewaktu-waktu bisa mengering terutama saat musim kemarau.
3. Warga harus antri membawa jerigen untuk mendapatkan air bersih.
4. Demi menghemat air, warga dilarang mandi di MCK masjid, dan disarankan mengambil air wudhu dari rumahnya masing-masing.

Air di manfaatkan oleh masyarakat di sekitar

Atas kondisi yang dialami tersebut, Yayasan Rumah Dai Nusantara berencana mengadakan pembuatan sarana air bersih bagi jama’ah dan warga masjid Nurul Hidayah Nagari Balimbing dalam program WAKAF PEMBANGUNAN SUMUR BOR MASJID NURUL HIDAYAH MANDAHSARI. Dengan adanya sarana sumber air bersih di wilayah ini kami berharap agar masyarakat di Jorong Balimbing khususnya warga sekitar masjid Nurul Hidayah bisa mendapatkan air bersih secara layak, mudah dan mencukupi.

Adapun pekerjaan yang akan dilakukan dalam program sarana air bersih ini terdiri dari :

Penggalian sumur bor dengan perkiraan kedalaman ± 100 meter
Pemasangan mesin air jet pump
Pemasangan pipa dan toren air
Renovasi MCK dan tempat wudhu

Sedangkan biaya yang dibutuhkan yaitu sebesar Rp 78.075.000,-

Demi tercapainya biaya dan terlaksananya pembangunan sumur bor masjid Nurul Hidayah Mandahsari di Nagari Balimbing ini, RDN mengajak para donatur dari berbagai pihak, baik perorangan maupun lembaga seperti CSR, DKM, Lazis, Bintal, UPZ, Rohis dll untuk bersama-sama mewujudkan harapan warga masjid Nurul Hidayah Mandahsari Nagari Balimbing, Sumatera Barat.

Salurkan donasi anda melalui Rumah Dai Nusantara :

  • Rekening Donasi
    1. BSI : 500 500 7595 (Kode Bank : 451)
    2. BNI : 1279 3170 26
    3. CIMB Niaga Syariah : 8600 0644 8700
    4. Bank Muamalat : 435 000 3069
    5. Bank DKI Syariah : 703 09 003176Konfirmasi transfer dan penjemputan donasi hubungi :
    021-2138 6350/ 0812 8490 3338

 

  • ATAU BANTU PROGRAM INI:
  1. Klik tombol Donasi Sekarang
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran dan transfer ke no. rekening yang tertera.
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Semoga Allah SWT membalas donasi yang diberikan berupa limpahan pahala yang terus mengalir sederas air yang mengalir bagi mereka, serta dimudahkan dalam segala urusan dan dijauhkan dari segala musibah. Aamiin yaa robbal aalamiin…

    Belum ada berita terbaru

29 Apr 2022

Syachron Muchsin

Bismillahirrahmanirrahim

orang
Rp 50.000

29 Apr 2022

Syachron Muchsin

Bismillahirrahmanirrahim.

orang
Rp 50.000